21 MEI 2013
Filter : Film
Fast & Furious 6



Fast & Furious 6

Directed by Justin Lin

Starring: Vin Diesel, Paul Walker, Dwayne Johnson, Michelle Rodriguez, Jordana Brewster, Tyrese Gibson, Ludacris, Sung Kang, Gina Carano, Luke Evans, Gal Gadot, Joe Taslim

 

Kalau Anda mengira elemen kejutan sudah habis digeber di film kelimanya, you've seen nothing yet. Tidak ada yang mengira jika franchise mobil balap ini bisa mencapai film keenam (malah Vin Diesel dkk. sedang mempersiapkan film ketujuh, meski harus kehilangan sang sutradara, Justin Lin). Fast Five sudah dianggap klimaks dengan ending yang cukup cliffhanger. Dom (Diesel) menemukan sebuah foto yang menunjukkan jika Letty (Rodriguez) masih hidup. Titik itulah yang dijadikan awal pemicu Fast & Furious 6.

Judul yang muncul justru bukan Fast & Furious 6 atau Fast 6, tapi Furious 6. Alasan judul ini yang dipilih karena menurut Justin Lin, Fast Five dan Furious 6 merupakan satu-kesatuan film. Maka, Lin pun tidak segan-segan untuk membawa lagi Chris Morgan yang menempati “pit penumpang” sejak seri ketiga di bagian penulisan naskah.

Alasan penemuan foto Letty tadi dijadikan oleh Hobb (Johnson) untuk membawa lagi Dom dkk. meringkus penjahat baru bernama Owen Shaw (Evans). Dom pun memberikan tawaran jika mereka berhasil menangkap Shaw, maka semua kredit kejahatan mereka dihapus dan terlahir kembali menjadi orang yang baru. Tentu menangkap Shaw bukan perkara mudah, karena Shaw merupakan mantan marinir yang (lagi-lagi) ingin menguasai dunia. Guyonan Roman (Gibson) pun menyatakan kalau kelompok Shaw ini seperti replika mereka yang lain.

Balap-balapan sudah tentu menjadi jualan utama film ini. Kali ini set lokasinya lebih gila lagi karena menampilkan jalanan London, jalan tol serta pangkalan udara militer di Spanyol. Dengan plot yang itu-itu saja, seperti kucing-kucingan antara Dom dan Shaw, Anda mungkin sudah merasa jenuh dengan seri ini. Tapi visual kebut-kebutan gila yang cenderung tidak masuk akal kembali membuat Anda penasaran. Bukan hanya Superman, Fast & Furious 6 juga membuat Anda percaya kalau ada manusia (bahkan mobil) yang bisa terbang. Di sisi lain, Lin dan Morgan dengan jenius mempermainkan timeline franchise ini, karena cerita di film ini adalah penyulut di film sebelumnya (kami tidak akan memberi tahu film nomor berapa).

Satu pertanyaan: bagaimana andil peran Joe Taslim di film ini? Cukup besar. Taslim berperan sebagai Jah, salah satu tangan kanan Shaw yang mantan marinir, cold blood killer, dan jago parkour, yang bukan sekadar tokoh tempelan. Hampir di setiap adegan penting, klimaks, dan gila, tokoh Jah selalu ada. Kalau tidak salah, Jah sempat mengucapkan dialog berbahasa Indonesia “Ayo hantam mereka!” Which is cool.

Sebagus apapun Fast & Furious 6 rasanya tidak akan bisa mengimbangi pencapaian Fast Five, meskipun sebagai satu-kesatuan film yang utuh. Franchise ini juga kelihatannya hampir kehabisan bensin. Tidak heran jika Lin “mengundurkan diri” untuk seri ketujuh dan memberikan kemudi kepada James Wan, “orang gila” di balik franchise Saw dan Insidious.

Kami bingung ingin memberikan rating film ini: *** atau ****, Mungkin Anda yang menentukan.

 

(Teks: Fajar Billy Sandi. Foto: Universal Pictures.)

OTHER ARTICLES

COMMENT

Loading