11 JUNI 2013
Feature : Story
Penyebab Sepeda Motor Boros Bahan Bakar



Penyebab Sepeda Motor Boros Bahan Bakar

Banyak sekali slogan-slogan iklan sepeda motor yang mengatakan irit bahan bakar, namun kenyataannya setelah membelinya sepeda motor yang Anda gunakan tetap saja boros. Mungkin Anda harus memperhatikan beberapa penyebab berikut ini.

  1. Pemakaian

    Cara pemakaian juga mempengaruhi borosnya bahan bakar. Misalnya, ketika motor berhenti di persimpangan atau lampu merah, Anda sering memainkan gas secara terus-menerus, sering kebut-kebutan, dan sering mengerem mendadak. Selain itu, faktor lainnya adalah tidak melakukan service secara rutin, sehingga setting-an mesin mengalami perubahan yang berhubungan dengan penggunaan bahan bakar.

  2. Cuaca

    Faktor yang turut mempengaruhi borosnya penggunaan bahan bakar adalah suhu udara. Makin panas suhu udara, maka penguapan bahan bakar akan semakin tinggi. Sehingga berujung bahan bakar boros tanpa Anda sadari.

  3. Kondisi Motor

    Kondisi fisik motor juga sangat mempengaruhi borosnya bahan bakar. Misalnya, ban kempes atau kurang angin, penggunaan accessories body yang terlalu berat yang mengakibatkan bertambahnya hambatan udara, dan juga beban angkut yang terlalu berlebihan. Jika kondisi seperti itu, otomatis Anda harus memacu gas agar kendaraan dapat melaju, yang berujung pada borosnya bahan bakar.

 

(Teks : Raditya Nugroho, Photo : thinkstockphotos.com)

OTHER ARTICLES

COMMENT

Loading