Ciri Ciri Tanaman Zodia

Ciri Ciri Tanaman Zodia
Banyak tanaman di bumi ini yang bisa dimanfaatkan oleh manusia. Tanaman zodia adalah salah satu contoh tanaman yang bermanfaat bagi manusia karena bisa membantu mengusir nyamuk. Supaya kamu lebih mengenal tanaman zodia, simak terlebih dahulu ciri-ciri tanaman zodia berikut ini!

Ciri-Ciri Khusus Tanaman Zodia Pengusir Nyamuk

1. Klasifikasi

Berdasarkan klasifikasi di dalam taksonominya, tanaman zodia memiliki nama ilmiah Evodia suaveolens. Tanaman ini masuk ke dalam kingdom Plantae (tumbuh-tumbuhan), subkingdom Tracheobionta, superdivisi Spermatophyta, divisi Magnoliophyta, kelas Magnoliopsida, subkelas Rosidae, ordo Sapindales, family Rutaceae, dan genus Evodia.


2. Habitat

Tanaman zodia merupakan tanaman endemik Indonesia yang berasal dari pulau Papua. Tempat tinggal masyarakat Papua yang dekat dengan hutan atau bahkan di dalam hutan menyebabkan mereka harus hidup berdampingan dengan nyamuk dan serangga.

Tumbuhan ini secara turun temurun diwariskan oleh masyarakat Papua untuk menangkal dari serangan serangga dan gigitan nyamuk.

Tanaman zodia saat ini sudah banyak dibudidayakan oleh orang-orang di pulau Jawa, sehingga kamu akan lebih mudah untuk menjumpainya. Tanaman ini mampu bertahan hidup di tempat yang memiliki ketinggian berkisar antara 400 – 2000 mdpl.


3. Akar

Tanaman zodia memiliki akar yang kuat dan tidak mudah busuk maupun kering saat musim penghujan dan kemarau. Oleh karena itu tanaman zodia mampu bertahan hidup cukup lama.

4. Batang

Siapa sangka, tanaman yang ditakuti nyamuk ini memiliki batang yang kecil dan tingginya berkisar antara 50-100 cm, sehingga cocok jika dijadikan sebagai tanaman hias.

Kamu bisa mencobanya dengan menanam tanaman zodia di pot dan diletakkan di sudut rumah, dijamin nyamuk-nyamuk di rumahmu akan kabur.

Tanaman zodia bukan hanya cocok untuk di dalam ruangan (indoor) saja, namun juga bisa ditanam di luar ruangan, seperti halaman rumah dan taman. Tinggi tanaman zodia bisa mencapai 2 meter jika dibiarkan tumbuh bebas. 


5. Daun

Mengapa nyamuk dan serangga tidak menyukai tanaman zodia? Alasannya berada pada aroma daun yang menyengat mirip dengan wangi jeruk jika saling bergesekan atau diremas. Jika ada tanaman zodia di dalam ruangan, sudah dipastikan aromanya segar.

Morfologi daun tanaman zodia memiliki bentuk pipih memanjang, lentur, berukuran 2-30 cm, dan warnanya hijau kekuning-kuningan.

6. Buah dan Biji

Tanaman zodia memiliki jenis biji dikotil atau biji berkeping dua yang berwarna putih. Bentuk bijinya mirip dengan biji jeruk, karena mereka masih satu suku jeruk-jerukan (Rutaceae).

Tanaman zodia dapat dengan mudah diperbanyak atau dibudidaya dengan menggunakan cara semai biji. Biji-biji yang berjatuhan di sekitar pohon induknya akan tumbuh menjadi tanaman baru.

7. Manfaat

Masyarakat Papua memanfaatkan tanaman zodia untuk mengusir serangga dan nyamuk. Cara menggunakannya pun sangat mudah, cukup dengan meremas-remas atau menumbuk daun tanaman zodia kemudian diusapkan ke seluruh tubuh.

Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) pernah melakukan penelitian dan mengungkapkan bahwa memang benar kandungan senyawa yang terdapat di dalam tanaman zodia tidak disukai oleh hewan golongan serangga dan nyamuk.

Hasil penelitian oleh Balittro tersebut menghasilkan data bahwa minyak hasil sulingan dari tanaman zodia memiliki kandungan linalool (46%) dan a-pinene (13,26%). Linalool merupakan senyawa yang tidak disukai nyamuk dan serangga.

Diyakini bahwa tanaman ini mampu memiliki daya proteksi terhadap gigitan nyamuk sebesar 70% selama 6 jam. Cukup aman jika kamu menggunakan tanaman ini untuk melindungi diri dari gigitan nyamuk.

Tanaman zodia juga bermanfaat sebagai penghilang bau badan, dengan cara membalurkan air perasan daun zodia yang sudah direbus dan ditumbuk halus. Selain itu tanaman serba guna ini juga bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dan tumor, mengobati sariawan, diare, serta malaria.

Dari sisi estetika, tanaman zodia dapat dimanfaatkan untuk mempercantik dan memberi aroma segar di dalam ruangan. Perawatan yang mudah dan mempunyai manfaat yang bagus membuat tanaman ini recommended untuk kamu miliki.

Sekarang kamu sudah mengetahui ciri–ciri tanaman zodia, bukan? Apakah kamu menjadi tertarik untuk ikut membudidayakan tanaman zodia? Kamu tidak akan rugi dan menyesal meletakkan tanaman zodia di dalam rumahmu. Selain buat nyamuk kabur, kamu juga akan menikmati aroma ruangan yang lebih segar.


Ciri Ciri Tanaman Zodia - Fhm Indonesia

Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Tanaman Zodia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel