Ciri Ciri Tumbuhan Suplir

Ciri Ciri Tumbuhan Suplir

Salah satu tumbuhan jenis paku-pakuan yang sekarang mulai hits lagi adalah tumbuhan suplir. Pencinta tumbuhan hias mulai memboomingkan kembali tumbuhan suplir sebagai tumbuhan indoor maupun outdoor. 

Supaya kamu lebih mengenal tentang ciri-ciri tumbuhan suplir di alam liar, simak ulasan di bawah ini!

Ciri-Ciri Khusus Tumbuhan Suplir di Alam

1. Klasifikasi

Berdasarkan kelompok taksonominya tumbuhan suplir memiliki klasifikasi sebagai anggota dari kingdom Plantae (tumbuhan), divisi Pteridophyta (paku-pakuan), kelas Pteridopsida, ordo Pteridales, family Pteridaceae (Adiantaceae), dan genus Adiantum.


2. Habitat

Tumbuhan suplir banyak tumbuh di celah-celah bebatuan, tebing, tembok yang lembab, batang pohon, dan tempat yang teduh. Tumbuhan ini jarang dijumpai tumbuh di tanah yang datar. Media tumbuh yang menjadi favorit tumbuhan suplir adalah tempat yang berhumus dan tidak terpapar cahaya matahari langsung.

Tak heran jika kamu sering melihat tumbuhan suplir tumbuh di kawasan air terjun, hutan tropis, dan tepian sungai. Karena di tempat-tempat itulah zona nyaman mereka bertumbuh.

Jumlah tumbuhan suplir (Adiantum) di seluruh dunia mencapai lebih dari 200 jenis. Pusat persebaran tumbuhan suplir berada di negara Amerika Selatan, khususnya di kawasan Pegunungan Andes. 


3. Akar

Tumbuhan suplir memiliki akar serabut yang tumbuh menjalar dari rimpangnya. Akar inilah yang berfungsi sebagai penopang dan pencari zat hara dari humus untuk kelangsungan hidupnya. Akar suplir mampu menempel dan masuk ke celah-celah bebatuan atau batang pohon.

Pernahkah kamu gagal saat mencoba mencabut tumbuhan suplir yang menempel pada celah-celah bebatuan? Mengapa hal itu bisa terjadi meskipun kamu sudah berupaya dengan sangat hati-hati?

Alasannya karena akar serabut tumbuhan suplir menjalar dan mencengkeram di bebatuan dengan kuat, sehingga tidak mudah lepas jika dicabut.

Jika kamu mengamati dengan seksama, maka kamu akan melihat bagian ujung akar suplir yang berwarna lebih terang yang disebut tudung akar (kaliptra). Di belakang kaliptra terdapat titik tumbuh yang bentuknya seperti segi empat.


3. Batang

Tumbuhan suplir memiliki batang berukuran kecil dan memanjang, sebagai tempat bertumbuhnya daun-daun yang lebih dikenal dengan sebutan ental. Ental tumbuh dari rimpang dan menjulang ke atas seperti gulungan. Perlahan ental akan membuka dan memperlihatkan daun-daun suplir.

Semakin dewasa tangkai ental akan mengeras dan berwarna hitam mengkilat seperti rambut. Batang suplir memiliki tinggi berkisar antara 0,20 - 1,3 meter.

Batang suplir memiliki susunan anatomi yang terdiri dari epidermis, korteks, dan stele. Di bagian ujung batang tumbuhan suplir terdapat jaringan meristematik yang akan membentuk akar dan batang.

Jika diamati menggunakan mikroskop, bagian-bagian batang tumbuhan suplir seperti epidermis, korteks, xylem, floem akan terlihat dengan jelas. 


4. Daun

Morfologi daun suplir memiliki bentuk yang tidak memanjang seperti halnya tumbuhan paku-pakuan lainnya. Bentuk daun suplir tidak simetris, ada yang bentuknya bulat, segitiga, atau bahkan segi empat.

Di atas permukaan daun suplir terdapat bulu-bulu halus yang menyebabkan daun tidak dapat dibasahi air. Hal ini yang menjadikan tumbuhan suplir disebut sebagai “Adiantum” yang artinya tidak dapat dibasahi air.

Di bagian tepi sisi bawah daun dewasa terdapat kumpulan spora yang berfungsi sebagai alat berkembang biak tumbuhan suplir secara generatif.

Berdasarkan fungsinya, daun suplir dibagi menjadi 2 macam, yaitu daun tropophyl dan sporophyl. Daun tropophyl merupakan daun yang berfungsi dalam proses fotosintesis, sedangkan daun sporophyl sebagai tempat memproduksi spora untuk berkembang biak.

Daun suplir akan berubah menjadi coklat dan kering jika terkena paparan sinar matahari langsung. Oleh karena itu, jika kamu ingin memelihara tumbuhan suplir, letakkan di tempat yang teduh.

Daun-daun suplir bisa dikatakan alergi dengan sinar matahari siang, tapi masih bisa menerima sinar matahari pagi atau sore.

5. Manfaat

Di musim pandemi Covid-19 ini menyebabkan banyak orang berdiam di rumah saja. Tanpa memiliki kegiatan yang bermanfaat dan menyenangkan, hal itu pasti membosankan dan bisa membuat stres.

Kegiatan berkebun dan merawat tumbuhan suplir mampu untuk mengusir rasa jenuh. Tumbuhan suplir cocok sebagai tanaman indoor maupun outdoor.

Tumbuhan suplir bisa diletakkan di pot yang lucu dan elegan, sehingga pesonanya akan semakin terpancar menghiasi ruangan atau taman.

Apakah setelah menyimak ulasan tentang ciri-ciri tumbuhan suplir semakin membuatmu mengenalnya? Kamu bisa mempercantik ruanganmu dengan meletakkan beberapa pot berisi tumbuhan suplir.


Ciri Ciri Tumbuhan Suplir - Fhm Indonesia

Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Tumbuhan Suplir"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel